Langsung ke konten utama

Profil Volodymyr Zelenskyy, Dari Dubber & Pelawak Hingga Presiden Ukraina

 

Profil Volodymyr Zelenskyy, Dari Dubber & Pelawak Hingga Presiden Ukraina


Foto: Reuters (Doc. 2019)


Volodymyr Oleksandrovych Zelenskyy lahir 25 Januari 1978 (44 tahun) dari keluarga Yahudi di kota Kryvyi Rih, Ukraina.


Tahun 2003, Zelenskyy bentuk rumah 5/7 produksi film Kvartal95, dan produseri berbagai film yang juga ia bintangi. 

Salah satunya "Servant of The People", berkisah soal seorang guru sekolah yang mendadak viral dan jadi presiden Ukraina.

Serial Servant of the People mulai tayang tahun 2015. Bergenre komedi satir yang sindir isu politis di Ukraina. Serial ini tayang 3 musim, terakhir tayang tahun 2019.

Zellenskyy juga jadi pengisi suara film kartun Paddington versi bahasa Ukraina.

Lulusan hukum yang banting setir jadi aktor, produser dan pelawak, karir politik Volodymyr Zelenskyy justru baru dimulai ketika ia calonkan diri jadi presiden Ukraina di tahun 2019.

Partainya Слуга народу, dibaсa 'sluha narodu' yang berarti 'pelayan rakyat' diambil dari nama serial TV satir politik yang ia bintangi dengan judul yang sama. 

Dalam serial tersebut Zelenskyy memainkan tokoh guru sekolah yang mendadak jadi presiden negaranya.

2016 bersama rekan-rekannya di Kvartal95 membentuk partai politik bernama Servant of The People, diambil dari nama serial populer yang ia bintangi.

2018, Zelenskyy maju jadi presiden dan menang putaran ke-2 dengan suara mayoritas 73% melawan petahana.

Zelenskyy berhasil mengambil hati rakyat Ukraina dengan suara terbanyak mengalahkan calon petahana di tahun 2019. 

Dalam karir politiknya yang baru, Zelenskyy langsung dihadapkan dengan permasalahan pandemi dan kini, perang Ukraina-Rusia.


Sumber : VOA Indonesia


Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Fungsi Penting Wisman Butter dalam Pembuatan Kue

3 Fungsi Penting Wisman Butter dalam Pembuatan Kue Hampir mirip dengan margarin, namun pada dasarnya mentega ini berbeda dari bahan makanan tersebut, diantaranya adalah jika dilihat dari segi bahan baku pembuatannya. Dimana mentega sendiri terbuat dari lemak hewan, sedangkan margarin terbuat dari lemak tumbuhan. Begitu juga dari segi rasanya jauh lebih gurih. Ada banyak sekali diantara merk-merk yang memang mengeluarkan produk tersebut, salah satu diantaranya adalah Wisman butter  yang sangat banyak tersedia di pasaran Indonesia

Sajak Gusmus Tentang Cinta

Sajak Cinta - Gus Mus (KH. Musthofa Bisri) cintaku kepadamu belum pernah ada contohnya.. cinta romeo kepada juliet,si majnun qais kepada laila belum apa apa... temu pisah kita lebih bermakna dibandingkan temu-pisah Yusuf dan Zulaikha... rindu-dendam kita melebihi rindu-dendam Adam dan Hawa

[Review Film Mandarin] Ip Man : Kisah Hidup Master Kungfu Wing Chun Pada Masa Penjajahan Jepang

      Judul Film : Ip Man Tayang perdana : 2008 Genre : Action, Seni Bela Diri Actor : Donnie Yen, Lynn Hung Durasi film : 1 jam 46 menit Rating film : 9/10 bintang Bisa ditonton di aplikasi Netflix