Langsung ke konten utama

Profil Volodymyr Zelenskyy, Dari Dubber & Pelawak Hingga Presiden Ukraina

 

Profil Volodymyr Zelenskyy, Dari Dubber & Pelawak Hingga Presiden Ukraina


Foto: Reuters (Doc. 2019)


Volodymyr Oleksandrovych Zelenskyy lahir 25 Januari 1978 (44 tahun) dari keluarga Yahudi di kota Kryvyi Rih, Ukraina.


Tahun 2003, Zelenskyy bentuk rumah 5/7 produksi film Kvartal95, dan produseri berbagai film yang juga ia bintangi. 

Salah satunya "Servant of The People", berkisah soal seorang guru sekolah yang mendadak viral dan jadi presiden Ukraina.

Serial Servant of the People mulai tayang tahun 2015. Bergenre komedi satir yang sindir isu politis di Ukraina. Serial ini tayang 3 musim, terakhir tayang tahun 2019.

Zellenskyy juga jadi pengisi suara film kartun Paddington versi bahasa Ukraina.

Lulusan hukum yang banting setir jadi aktor, produser dan pelawak, karir politik Volodymyr Zelenskyy justru baru dimulai ketika ia calonkan diri jadi presiden Ukraina di tahun 2019.

Partainya Слуга народу, dibaсa 'sluha narodu' yang berarti 'pelayan rakyat' diambil dari nama serial TV satir politik yang ia bintangi dengan judul yang sama. 

Dalam serial tersebut Zelenskyy memainkan tokoh guru sekolah yang mendadak jadi presiden negaranya.

2016 bersama rekan-rekannya di Kvartal95 membentuk partai politik bernama Servant of The People, diambil dari nama serial populer yang ia bintangi.

2018, Zelenskyy maju jadi presiden dan menang putaran ke-2 dengan suara mayoritas 73% melawan petahana.

Zelenskyy berhasil mengambil hati rakyat Ukraina dengan suara terbanyak mengalahkan calon petahana di tahun 2019. 

Dalam karir politiknya yang baru, Zelenskyy langsung dihadapkan dengan permasalahan pandemi dan kini, perang Ukraina-Rusia.


Sumber : VOA Indonesia


Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Review Film Remaja Indonesia] Rompis : Sebuah Roman Picisan

  Review Film Rompis : Sebuah Roman Picisan   Tayang perdana tahun 2018 Durasi film : 1 jam 39 menit Pemain film : Arbani Yasiz, Adinda Azani, Umay Shahab, Cut Beby Tshabina Sutradara : Monty Tiwa Rating : 8/10 bintang  Nonton di Netflix

Sebuah Kado Istimewa Untuk Orang Spesial

Mengenal teman dari berbagai kalangan seringkali membuat saya harus mulai memahami mereka sebagai sebuah individu yang utuh. Bukan hanya sebuah nama tapi juga kepribadian. Ada yang sangat halus perasaannya hingga mudah menangis bahkan meski tak menonton film romantis melankolis. Ada yang sangat keras dengan prinsip hingga membuat orang yang berada di dekatnya harus mengerti saat ia mulai mengeluarkan statement tertentu. Ada yang sangat antipati dengan konflik hingga menganggap hingar bingar tak cocok baginya. Ada pula yang sangat lucu jika berceloteh hingga membuat teman di sekitarnya bisa tertawa hanya dengan mendengar ceritanya. Banyak karakter dengan spesifikasi yang berbeda membuat saya mengerti manusia diciptakan tak hanya 4 jenis saja, bahkan ada yang gabungan sifat dari melankolis koleris maupun sanguin plegmatis.

Sajak Gusmus Tentang Cinta

Sajak Cinta - Gus Mus (KH. Musthofa Bisri) cintaku kepadamu belum pernah ada contohnya.. cinta romeo kepada juliet,si majnun qais kepada laila belum apa apa... temu pisah kita lebih bermakna dibandingkan temu-pisah Yusuf dan Zulaikha... rindu-dendam kita melebihi rindu-dendam Adam dan Hawa