[Review Film Korea] Obsessed (2014) Perselingkuhan Kolonel Pasca Perang Vietnam


🌟FILM KOREA - OBSESSED (2014)🌟


Judul Film: Obsessed (judul bahasa Inggris) / Human Addiction (judul literal)

Romanisasi yang direvisi: Inganjoongdok

Sutradara: Kim Dae-Woo

Penulis: Kim Dae-Woo, Oh Tae-Kyung

Produser: Park Dae-Hee, Kim Dae-Woo

Sinematografer: Byun Bong-Sun

Tanggal Rilis: 15 Mei 2014

Durasi: 132 menit.

Genre: Roman / Melodrama / Perang / Periode-1960

Pemain : Song Seung-heon, On Joo-wan, Lim Ji-yeon, Cho Yeo-jeong

Bahasa : Korea


❤️❤️❤️


Sinopsis Film Obsessed (2014):


Pada tahun 1969, Kolonel Kim Jin-Pyeong (Song Seung-Heon) telah kembali ke Korea Selatan setelah bertempur dengan gagah berani dalam Perang Vietnam. 


Dia dipercaya oleh Panglima Angkatan Darat yang juga ayah mertuanya dan dihormati oleh hampir semua orang di pangkalan militer. Namun demikian, Kolonel Kim Jin-Pyeong menderita secara internal dari pengalamannya dalam perang.


Suatu hari, Kyung Woo-Jin (On Joo-Wan) dipindahkan bekerja untuk Kim Jin-Pyeong. Kyung Woo-Jin adalah tipe orang yang akan mengatakan atau melakukan apa saja untuk menyenangkan bosnya. 


Segera, Kolonel Kim Jin-Pyeong bertemu Jong Ga-Heun (Lim Ji-Yeon), istri bawahan barunya. Pasangan itu juga pindah ke rumah di seberang jalan dari Kolonel Kim Jin-Pyeong dan istrinya (Cho Yeo-Jeong).


Pada malam yang sunyi, Kolonel Kim Jin-Pyeong menggoda seekor burung yang dikurung di beranda rumah tetangganya. Obsesi yang menyesakkan segera dimulai antara Kolonel Kim Jin-Pyeong dan istri bawahannya.


Review Film Obsessed (2014):


Film Obsessed (2014) berkisah tentang perselingkuhan yang terjadi di lingkungan militer Korea di tahun 1969. Kala itu, Kolonel Kim yang sudah memiliki istri yang cantik, justru tertarik dengan istri bawahannya. 


Kolonel Kim memiliki kisah yang memilukan. Ia berkali-kali harus rutin mengunjungi psikiater untuk konsultasi psikologis seputar masalah hidupnya. 


Kolonel Kim memiliki kecemasan yang tinggi, efek dari kepulangannya pasca tugas perang Vietnam. 


Kolonel Kim sering bermimpi buruk, hingga pernah memimpikan berjalan di sungai yang penuh genangan darah sambil membawa kepala korban yang dibunuhnya.


Pengalaman traumatis ini membuatnya sulit tidur dan mudah merasakan sesak di dada. Ia juga harus rutin minum obat dari psikiater untuk meredakan gangguan kecemasan yang dialaminya. Bahkan, ia sudah diberi peringatan untuk tidak meminum alkohol karena berakibat buruk bagi kesehatannya.


Suatu hari, Kolonel Kim berkenalan dengan istri bawahannya yang baru. Nama perempuan itu adalah Ga Heun yang merupakan keturunan China. 


Tak disangka, suami Ga Heun mengatakan bahwa tanggal lahir Ga Heun dan Kolonel sama.


Dari perkenalan yang singkat di pesta, makan malam, dan insiden di rumah sakit saat Ga Heun hampir dibunuh pasien Rumah Sakit, Kolonel dan Ga Heun pun merasakan benih-benih cinta. Waduuh 😴


Perasaan yamg dirasakan Ga Heun juga dirasakan oleh Kolonel. Bahkan, kolonel meminta Ga Heun untuk bertemu dengannya di luar,  bukan di kawasan rumah dinas. 


Saat itulah, tragedi rumah tangga dimulai. Ga Heun dan Kolonel berselingkuh hingga 3 kali, bahkan Kolonel sengaja merekomendasikan suami Ga Heun agar bisa dikirim ke Vietnam untuk tugas militer.


Selain itu, saat Ga Heun tidak mau bertemu Kolonel lagi karena merasa malu dan tidak enak dengan ibu mertuanya yang sangat baik, Ga Heun justru dipermalukan di pesta di mana banyak orang hadir. 😮‍💨


Kolonel marah dan membabi buta di pesta dan melampiaskannya pada Ga Heun. 😡


Saat itulah terbongkar bahwa keduanya memiliki affair. Yeahh.... Padahal saat itu, Kolonel baru sama diberi kabar baik bahwa istrinya sedang hamil. Namun Kolonel justru nasih memikirkan Ga Heun, alih-alih menjaga harga dirinya dan keluarganya. 🤯


Hingga akhirnya, Kolonel pun diberi sanksi. Ia pun bercerai, sedangkan Ga Heun masih ada di lingkungan militer tempat mereka tinggal.


Saat menjelang ending film, ada penjelasan tentang di mana Kolonel berada. Ia pergi ke Vietnam, namun tidak menggunakan pakaian tentara, dan tidak juga terlihat seperti orang biasa. Saat hampir meninggal, di tangannya terlihat ada fotonya bersama Ga Heun.


Seseorang yang datang ke markas militer bilang bahwa ia menemukan foto Kolonel dengan Ga Heun saat dulu berada di ruangan musik. Saat itu, mereka berfoto dan berdansa waltz, sebelum berselingkuh. 


Di situlah Ga Heun pun menangis karena mengingat kenangannya bersama Kolonel yang masih menyisakan perasaan duka yang mendalam. Huwaaaa~


❤️❤️❤️


Menurutku :


Film Obsessed (2014) adalah film Korea yang dibintangi Lim Ji Yeon dan Song Seong-heon. Film Korea ini punya premis cerita yang cukup umum. Soalnya cerita tentang perselingkuhan di hubungan suami istri itu udah hal yang biasa. Bukan berarti hal baru ya, tapi yang kayak gitu pasti ada aja sih. Tengoklah cerita sinetron azab ala Indosiar, atau drama The World of The Married. 😅


Cuma yang disayangkan adalah romantisasi kisah cinta beda haluan ini yang bikin gregetan banget sih. 


Aku gregetan ama sikap Kolonel yang pengin banget selingkuh ama istri bawahannya, sampe maksa banget minta bareng pindah ke Seoul. Padahal dia mau diangkat jadi Jendral loh. Tapi malah mikirin selingkuhannya. wkwk *tampol aja Kolonelnya pake batako, halal gaes*


Aku rasa emang keduanya saling jatuh cinta karena merasa kesepian. Sedangkan, istri atau suaminya tidak seperti yang diharapkan. 


Istri Kolonel itu cuma peduli dengan jabatan suaminya. Soalnya dia selalu bahas kapan harus makan dengan petinggi A, B, C, dll. Yap, bahkan harus meluangkan waktu makan dengan menteri. Yaaaa, demi melanggengkan jabatannya. Dia pengin suaminya cepet-cepet dipromosikan oleh atasannya.


Istri Kolonel juga belum punya anak, jadi masih bisa punya banyak waktu buat nyalon rambut dan menjalani kehidupan ala sosialita zaman dulu. Dia suka pakai pakaian bagus, belajar menari, dengerin musik klasik, bikin rajutan, bikin makanan enak, piknik santuy, dll.


Sedangkan, Kolonel yang punya trauma mendalam tentang kehidupan saat dia bertugas di perang Vietnam. 


Kolonel hampir nggak pernah cerita ke istrinya soal kecemasannya. Istrinya juga mahfum sih, kalau suaminya nggak suka diungkit soal kehebatannya yang berani menghabisi para Vietkong (tentara Vietnam). Soalnya itu ngetrigger luka lama dan bikin dia gampang cemas dan overthinking. 🥺


Tapi justru itu yang bikin Kolonel merasa ia nggak punya ruang untuk bebas mengekspresikan perasaannya. Ia justru menemukan rasa nyaman pada istri bawahannya.  Bahkan, sampe mereka juga berani selingkuh. *Haduuh paaak, nyebuuut paakk*


Waktu Kolonel ngobrol sama Ga Heun, Kolonel berani bilang bahwa dia nggak baik-baik saja. Bahwa dia sebenarnya sering merasakan sesak di dadanya.


Lhaa, trus gimana? Kok bisa Ga Heun malah nyaman sama suami orang? Itu karena insiden saat dia remaja. 


Waktu remaja, mereka udah wleowleo, padahal umur Ga Heun masih 13 tahun. Trauma itu bikin dia nggak mau disentuh waktu udah nikah. Makanya nggak punya anak sampe sekarang.


Hmm... aneh juga ya. Ga Heun tetep mau nikah sama suaminya, hanya gara-gara ibu suaminya tuh baiikkkk banget. Udah mau memperlakukan dia kayak anak sendiri.


Nah, Ga Heun ini bilang sama Kolonel kalo dia nggak punya perbandingan soal pengalaman bercinta itu. Ibaratnya, ya dulu melakukan karena dipaksa pas remaja. Pas udah nikah jadi nggak mau disentuh.


Kesian juga sih ga Heun. Nikahin suami yang agak "gila". 


Yaaa... Soalnya Ga Heun itu sampe disuruh pake baju yang belahan belakangnya bolong biar bisa menarik perhatian petinggi-petinggi di pestanya. Tujuannya biar karier suaminya mulus dan nggak dibikin ribet. Duuuhh... 🤯


Sampe penjahit bajunya aja nanya ke Ga Heun,


"Emang suami kamu ngapain, kok aneh banget. Nggak biasanya suami mau badan istrinya diliatin semua orang. Emang dia mau nunjukin kamu ke siapa?" 


Wanjiirrr. Emang kaga waras suaminya. Wkwk


Ajegileee sih. Suami macam apa itu. Wkwk *amir amitt*


Film Obsessed ini emang lebih banyak nunjukin adegan 21+ yah. Tapi ada satu hal yang aku liat dari karakter Kolonel. Sebenernya Kolonel ini kasian sih. 


Dia terpaksa ke Vietnam untuk berperang melawan orang-orang radikal di sana. Tapi, kejadian di Vietnam itu bikin trauma mendalam. Apalagi katanya sampe korbannya tuh dibikin ususnya terburai, kepalanya terpisah dari badan, dll. 


Pengalaman itu nggak bisa dia ceritakan ke orang lain, selain ke psikiaternya. Bahkan sama istrinya aja dia nggak berani cerita, dan selalu mengalihkan obrolan.


Aku rasa, meski seorang lelaki memang lebih pendiam dari istri, tapi seharusnya pada istrilah dia bisa cerita banyak hal. 


Kalau sama istri sendiri aja dia nggak nyaman. Trus, dia gimana? Kan nggak mungkin cerita ke orang sembarangan. Apalagi menyangkut reputasi juga. Ibaratnya, seorang prajurit masa perang aja trauma. Kan nggak banget. 🥲


Hmmm.... Padahal pengalaman traumatis di Vietnam itu ya... valid-valid aja sih. 🥺


Namanya juga suasana chaos ya, bahkan prajurit bisa pulang dengan selamat dan masih hidup dengan badan yang utuh aja udah syukur tuh. Dia cuma kena luka tembak di bagian pinggang. Tapiii, malah milih selingkuh. *Sungguh tidak tahu rasa bersyukurr* 😭


Baca juga : Sinopsis Drama Korea See You in My 19th Life - Kisah Kutukan Reinkarnasi Berulang Hingga 19 Kali


Seharusnyaa... seorang lelaki maupun perempuan ketika sudah menikah tidak perlu ada batasan dan sekat emosi antara keduanya. 


Hmm... Harusnya, rumah paling nyaman ya... ada di pasangan halalnya yak. Kasian sih kalau malah nyari orang lain buat bikin nyaman.


Tapi, namanya selingkuh yaaa... nggak bisa dibenarkan yak. Untung endingnya si Kolonelnya mati. Wkwk.


Film Obsessed ini menunjukkan bahwa selingkuh itu emang bikin nagih, berbahaya dari segi kewarasan dan nilai moral, juga nggak bisa sembuh begitu aja.


Soalnya yang sekelas seorang Kolonel di militer aja masih tergoda dengan istri orang. Padahal kalo dari segi bibit bebet bobot ya masih mending istrinya. 


Cuma minusnya, si istrinya nggak sepeka itu sama kebutuhan dasar suaminya untuk didengar keluh kesahnya dan diapresiasi pencapaiannya. Haduuhh


Overall, film Obsessed ini nggak bisa ditonton pas kamu lagi puasa ya. Soalnya banyak adegan selingkuh yang begituan dan cukup bikin disturbing. Soalnya badannya juga diperlihatkan secara eksplisit. Wkwk


Rating : 8/10 🌟


Baca juga : 4 Shapewear Picks That Will Be Our Top Picks This Black Friday


Baca juga : Review Film Blood & Gold (2023) : Kisah Prajurit Nazi yang Berebut Emas Kaum Yahudi


Komentar

Postingan Populer