Review Film The Last Wife (2023) : Kisah Tragedi yang Dialami Nyonya Gubernur Abad 19

Review film vietnam the last wife (2023)

Review Film The Last Wife (2023) : 


Film The Last Wife (2023) berkisah tentang Linh, seorang gadis yang terpaksa menerima lamaran Gubernur lantaran ayahnya terlibat kasus kriminal. 


Ayah Linh dituduh melakukan kekerasan dan pencurian yang membuatnya didakwa dengan hukuman 5 tahun penjara. Ayah Linh terpaksa mencuri karena butuh biaya berobat untuk istrinya yang sakit.


Linh yang tak mau ayahnya dipenjara pun menawarkan diri untuk menerima hukuman lain. 


Gubernur yang tergoda dengan paras Linh yang cantik menawarkan solusi jitu. 


Linh Menikah dengan Gubernur Yang Korup : 


Linh menikah dengan Gubernur, dan harus memberinya keturunan bayi laki-laki. 


Setelah menikah, ayah Linh akan dibebaskan dari penjara. Masalahnya, ternyata Linh menjadi istri ketiga sang gubernur, agar bisa memberi keturunan padanya. Linh yang polos menerima tawaran itu. 


Linh pun pindah ke rumah Gubernur. Namun, setelah ia melahirkan, semua orang shock. Linh melahirkan bayi perempuan. Bukan bayi laki-laki yang diinginkan Gubernur dan kedua istrinya.


Setelah 7 tahun, Linh harus hamil lagi agar bisa melahirkan bayi laki-laki. Namun, Linh tak kunjung hamil. 


Gubernur Menikah 3 Kali Demi Memiliki Anak Laki-laki : 


Desas desus tentang Gubernur yang mandul sudah santer terdengar. Bahkan, saking frustasinya, Gubernur dan Linh sudah tidak berminat untuk melakukan program hamil. 


Segala cara sudah dilakukan agar istrinya hamil, namun tak kunjung berhasil. Salah satunya adalah memberi teh herbal agar bisa hamil dan jadi obat kuat. 


Linh yang putus asa merasa terjebak di dalam rumah Gubernur yang membuatnya sangat tertekan.


Gimana nggak? Linh harus hamil lagi dalam waktu singkat. Jika tidak kunjung hamil, ia akan disiksa dan dicambuk. Linh dianggap daging yang tidak berguna.


Istri tua Gubernur terus menerus merasa kesal karena kehadiran Linh di rumah itu. Linh sangat jago memasak dan mengurus rumah. Ia juga bisa memberi keturunan bagi Gubernur, meskipun yang dilahirkan bukan anak laki-laki.


Kisah Cinta Pertama Bersemi Lagi antara Linh dan Nhan :


Suatu hari, Linh melihat sesosok laki-laki yang dikenalnya saat berbelanja di pasar tradisional. Ternyata, lelaki itu adalah mantan kekasih Linh yang bernama Nhan. 


Nhan dan Linh pun bernostalgia dan saling jatuh cinta lagi. Nhan bilang bahwa ia belum melupakan Linh. Bahkan, Nhan juga masih miskin dan belum mengalami perubahan hidup yang signifikan selama mengembara 7 tahun lamanya. 


Saat itulah, Nhan dan Linh merencanakan untuk pergi dari rumah Gubernur dan hidup damai jauh dari kota. 


Namun, rencana ini buyar karena akuntan Gubernur menemukan kasus aneh yaitu hilangnya uang yang disimpan Gubernur. 





Kasus Pencurian Uang Berujung Pembunuhan dan Tragedi Kebakaran di Rumah Gubernur:


Akuntan atau petugas pembukuan Gubernur, Thầy Đề Thiện Lương, merasakan kejanggalan dari kasus ini. Uang yang diambil sedikit, tapi tak menyisakan jejak. Seolah pencurinya ada di sekitar rumah Gubernur dan bisa jadi bekerjasama dengan orang dalam.


Akuntan Gubernur merasa Linh sedikit mencurigakan. Ia pun mengejar Linh hingga ke desanya. Ternyata, Linh bertemu dengan Nhan dan merencanakan mengambil uang dan kabur. Gara-gara itu, Linh dan Nhan menahan akuntan gubernur. 


Akuntan itu bernegosiasi dengan Linh, namun berakhir dengan insiden pembunuhan.


Nhan mengubur mayat akuntan itu di dekat rumah. Lalu, Linh pun kembali ke rumah gubernur. Ia ingin mencari tahu di mana buku merah yang disebut akuntan itu. 


Buku merah ini adalah catatan suap yang dilakukan Gubernur selama menjabat. Linh bisa menggunakan buku itu untuk melaporkan tindakan Gubernur yang sewenang-wenang dan menagih pajak yang tinggi untuk rakyat


Namun, tragedi demi tragedi terjadi saat Nhan dan Linh berjibaku untuk kabur dari rumah Gubernur dan menemukan kedamaian hidup. 


Lalu, bagaimana akhir kisahnya? 


Tonton film The Last Wife di aplikasi Netflix ya! 


❤️❤️❤️


Menurutku : 


Film The Last Wife mengangkat tema dan isu yang sensitif yaitu selingkuh, patriarki, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan pembunuhan. 


Film The Last Wife ini menjadi film box office di Vietnam sejak tayang bulan November 2023. Saat ini, film The Last Wife sudah tayang di aplikasi Netflix. Jadi, kamu bisa nonton dengan streaming online di Netflix! 


Tema yang sangat sensitif ini digambarkan dengan apik. Sinematografi film ini menampilkan budaya dan nuansa yang kental dengan suasana Vietnam abad 19. 


Terbayang bagaimana kehidupan orang-orang yang miskin pada masa itu. Banyak orang yang kelaparan dan harus menyetorkan upeti dan pajak pada Gubernur, tapi rakyatnya tetap hidup sengsara.


Keluarga Gubernur hidup berkelimpahan harta, bahkan setiap hari bisa makan kepiting dan makanan enak lainnya. Padahal kepiting terbilang mahal juga. Mereka juga sering mengadakan jamuan pesta. 


Linh mengalami kekerasan rumah tangga selama ia hidup di rumah Gubernur. Ia berjuang agar bisa keluar dari rumah Gubernur. 


Selama proses perjuangan inilah terasa suasana intens di mana Linh dan Nhan harus berjibaku untuk berjuang mengumpuljan uang. 


Selain itu, Linh yang memang tidak berani melawan Gubernur merasa nyalinya makin ciut saat tuduhan pembunuhan, pencurian, dan perselingkuhan mengarah padanya. 


Linh harus berjuang demi anaknya. Selama ini ia menahan diri dari rasa sakit yang dideritanya. Namun, Linh tak akan sanggup jika melihat anaknya dihukum oleh istri Gubernur. Itu sebabnya Linh ingin keluar dari rumah Gubernur. 


Film The Last Wife menggambarkan bagaimana isu patriarki masih menjadi topik hangat di masyarakat. Keluarga terpandang tanpa pewaris laki-laki dianggap tidak berguna. Padahal, siapapun anaknya sama saja. Mau anak laki-laki atau perempuan, tetaplah anak. 


Selain itu, gambaran suasana kampung serasa magical. Kampungnya sangat sunyi. Namun, saat ada festival, orang-orang berkumpul bersama keluarga untuk menonton pertunjukan dan bernyanyi di malam hari. 


Kampung kepiting ini seperti gambaran takdir hidup yang keras. Selama kemarau, danau akan mengering, membuat hewan dan manusia merasakan kesulitan hidup. Air susah didapat dan tidak ada hasil panen kepiting yang bisa dijual. 


Sosok detektif yang menyelidiki kasus akuntan itu sangat taat pada aturan. Bahkan ia menjadi penentu ending film ini. 


Awalnya, saya mengira Nhan akan mengirim buku catatan suap itu langsung ke kantor pemerintah, namun ternyata justru lewat sosok detektif yang mengurus kasus akuntan. 


Selain itu, endingnya dramatis sekali. Wkwk. Buat penonton yang gregetan sama kelakuan Gubernur dan istri tuanya, pasti bakalan bilang, "kasian deh luu" hahaha. Gregetan banget lihat ending filmnya. 😡




Menurutku, film The Last Wife ini layak ditonton. Meskipun ada beberapa adegan ena-ena yang melibatkan Linh dan kekasihnya, tapi film ini bagus sih. 


Film The Last Wife menampilkan bagaimana kehidupan sosial dan budaya Vietnam abad 19 yang baru kali ini saya lihat di film Vietnam. Visual pemandangan Vietnam dan lagu-lagu yang dinyanyikan juga bagus. 


Pakaian tradisionalnya juga cakep banget! Saya paling suka Linh pakai baju sutra dan caping kayu saat ke pasar.  Cakep banget! 😍


Oiya, ada plot twist yang sangat mengagetkan. Wekeke. Jadi, harap sabar selama menonton film ini ya! 😛


Overall, rating film The Last Wife : 9/10.


Yang mau nonton film The Last Wife bisa cek di aplikasi Netflix ya! ❤️


❤️❤️❤️


Info Film The Last Wife : 

  • Cast Aktor : Kaity Nguyen, Thuan Nguyen, Quang Thang, Kim Oanh, Ngoc Diep, Nguyen Anh Dung, Quoc Huy, Luu Ly
  • Director  : Victor Wu
  • Writers : Victor Wu, Duc Nguyen, Trieu Hoang Mi, In Nguyen Dan
  • Maturity Rating : 21+ 
  • Trigger warning : kekerasan, sex
  • Genres: Vietnamese, Dramas, Romance, Movies Based on Books, Period Pieces
  • This movie is : Emotional, Romantic

Komentar

  1. Filmnya bagus menurutku. Cerita tentang KDRT dan pemanfaatan kekuasaan sebenarnya berlimpah. Tapi di The Last Wife, kekejaman dan kekerasan itu tidak hanya terjadi pada fisik, tapi juga secara mental dan psikis pada Linh. Dan saat istri ke-3 ini memberontak, semua rencana dan pembuktian pun terbongkar. Gak heran kalau film ini bisa jadi box office.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. Salam kenal. ^_^

Postingan Populer