Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh



Sudah ada yang tau belum manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh?


Sini-sini simak dulu yuk beberapa manfaat kunyit untuk nyeri menstruasi bagi perempuan : 


Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh


1. Kunyit Memperlancar Siklus Menstruasi


Kunyit sebagai sumber estrogen yang baik untuk wanita bisa bertindak sebagai fitoestrogen. Selain itu, kunyit memiliki sifat emmenagogue yang menstimulasi aliran darah di area panggul dan rahim.


2. Mengatasi Nyeri


Kunyit terdapat sifat analgesik yang bisa mengurangi rasa nyeri saat sedang menstruasi. Selain itu, kurkumin yang terkandung dalam kunyit juga bisa menghambat hormon yang menyebabkan rasa nyeri dan peradangan.


3. Kunyit Membantu Atasi Kram Perut


Kunyit memiliki sifat antispasmodik membantu meredakan gejala premenstrual syndrome atau PMS seperti kram perut atau nyeri haid. Menurut University of Maryland Medical Center, kunyit dengan kandungan anti radang bisa meredakan rasa sakit pada penderita osteoarthritis.


4. Memperbaiki Suasana Hati


Kunyit adalah bahan dasar yang bisa mengendalikan emosi saat sedang menstruasi. Kandungan kurkumin dalam kunyit menyeimbangkan berbagai macam zat kimia pada otak sehingga dapat mengatur emosi hingga terhindar dari mood swing.


5. Mencegah Gejala PMS (Premenstrual Syndrome)


Sindrom pramenstruasi atau PMS juga sering terjadi pada sebagian wanita sebelum menstruasi. Beberapa gejala ini termasuk munculnya jerawat, lemas, sakit kepala, hingga flu. Di sini kunyit mampu membantu melawan gejala-gejala tersebut. Kunyit akan memperkuat daya tahan tubuh seseorang agar tetap bekerja dengan baik.


Komentar

Postingan Populer