Review Film Paddington (2014) : Petualangan Beruang Peru Menemukan Rumah Baru di London

Review film Paddington
Film Paddington (2014)


Review Film Paddington (2014) : Petualangan Beruang Peru Menemukan Rumah Baru di London


Judul film : Paddington

Tahun tayang perdana : 2014

Peringkat Kedewasaan : 10+

Genre Film : Film Keluarga, Anak & Keluarga, Inggris, Film Komedi, Film Berdasarkan Buku, Adventure

Produksi: Heyday Films, J.Q. Pictures

Sutradara: Paul King

Penulis Skenario :

  • Paul King
  • Hamish McColl

Dibintangi oleh aktor dan aktris : 

  • Ben Whishaw (voice)
  • Hugh Bonneville
  • Sally Hawkins
  • Julie Walters
  • Jim Broadbent
  • Nicole Kidman
  • Peter Capaldi
  • Matt Lucas
  • Kayvan Novak
  • Imelda Staunton
  • Michael Gambon
Rating film : 9/10 🌟


Tonton film Paddington di aplikasi Netflix

❤️❤️❤️

Sinopsis Film Paddington (2014), Tayang di aplikasi Netflix : 


Seekor beruang muda yang menggemaskan dari hutan Peru mendarat di London untuk mencari rumah baru - dan segera menemukan keluarga saat menetap di kehidupan kota.


Di belantara hutan Peru, seorang ahli geografi asal Inggris menemukan spesies beruang yang unik. Ia akan menembak dan membawanya ke Inggris untuk diteliti, namun, ia justru diselamatkan dari kalajengking oleh beruang lain. 


Dia mempelajari bahwa mereka adalah spesies pintar yang suka dengan selai jeruk dan bisa dengan mudahnya belajar bahasa Inggris. Dia menamai mereka dengan Lucy dan Pastuzo.


Saat akan pulang ke London, dia memberikan topi merahnya kepada Pastuzo sebagai hadiah dan bilang jika mereka akan diterima dengan baik jika datang ke London. 


Paddington


40 tahun kemudian mereka tetap hidup bahagia bersama satu beruang yatim piatu muda hingga terjadi gempa bumi yang memaksa mereka untuk mencari tempat berlindung di bawah tanah.


Saat gempa bumi terjadi, Pastuzo tidak bisa selamat dan meninggal. Bibi Lucy dan beruang kecil pun memutuskan akan ke London. Namun, saat berada di pelabuhan, Lucy tidak jadi ikut dan mengatakan bahwa ia akan menetap di rumah pensiunan beruang. 


Lucy memberi tahu bahwa Beruang kecil akan selamat selama ia bersikap baik kepada orang lain di London. Dan selalu ingat apa saja tata krama yang diajarkan oleh bibi dan pamannya dulu.


Sang beruang kecil pun sampai di London dengan menumpang kapal kecil dan dibekali selai jeruk dan roti yang lezat.


❤️❤️❤️


Paddington Memulai Petualangan untuk Mencari Rumah Baru di London


Saat tiba di stasiun Paddington, beruang kecil itu tersesat dan kebingungan karena sulit menemukan pemilik topi merah yang ia pakai. Satu-satunya clue untuk menemukan petualang tersebut adalah dengan mengatakan bahwa ada ekspedisi Peru Tergelap yang pernah terjadi.


Saat hampir tengah malam, sebuah keluarga kecil menolong beruang itu dan membawanya pulang ke rumah. 


Beruang itu menginap semalam di rumah Mr. Brown, namun kekacauan terjadi. Mulai dari kamar mandi yang banjir, dan banyak barang elektronik yang rusak.


Hingga akhirnya, Mrs Brown memberi nama bagi beruang kecil itu yaitu Paddington. Sesuai dengan nama stasiun Paddington tempat mereka menemukan beruang itu pertama kalinya.


Paddington berpikir dia akan menemukan “rumah” jika berhasil bertemu dengan sang ahli geografi yang pernah ditemui oleh paman dan bibinya dahulu. Tapi yang jadi masalah adalah dia tidah tahu dimana orang itu berada. Karena tidak menemui catatan ekspedisi di internet, Mary, sang ibu, membawa Paddington ke toko antik milik Samuel Gruber yang mengenali topi merah yang dipakai Paddington.


Saat sedang mencari jejak penjelajah Peru, Samuel memastikan jika topi merah itu milik Geographers’ Guild, tetapi tidak ditemukan jika mereka pernah melakukan ekspedisi ke Peru. 


Dengan bantuan Henry, Paddington menyusup ke dalam gudang arsip Guild dan menemukan bahwa catatan perjalanan ke Peru sudah diambil oleh pemiliknya, yaitu Montgomery Clyde. Kehadiran Paddington rupanya menarik perhatian Millicent Clyde, anak Montgomery Clyde.


Film paddington 2014


Mereka justru harus berhadapan dengan perempuan jahat bernama Millicent Clyde (Nicole Kidman) yang ingin mengawetkan beruang itu menjadi spesimen untuk meseum miliknya. 


Lalu, terjadilah kekacauan yang terjadi saat proses penyelamatan beruang Paddington yang dibius dan hampir dijadikan benda museum. 


❤️❤️❤️


Review Film Inggris : Paddington (2014)


Film Paddington diadaptasi dari buku dan sudah pernah ditayangkan dalam bentuk tv series juga. Film Paddington kini sudah ada 2 judul yang tayang yaitu Paddington (2014) dan Paddington 2 (2018).


Awalnya, Paddington adalah karya penulis Inggris Michael Bond yang diilustrasikan oleh Peggy Fortnum dan pelukis lainnya. 


Pertama kali buku Paddington diterbitkan di tahun 1958, hingga penulisnya wafat di tahun 2017, sudah 15 buku yang diterbitkan.


Karakter Paddington yang pintar, sopan, ramah, suka makan selai jeruk dan roti marmalade, dan juga lucu sangat pas menjadi icon sebuah film anak-anak. 


Pasalnya, Paddington memberikan gambaran bagaimana kehidupan kaum urban yang ingin pindah ke London. London tak seramah yang dibayangkan, namun juga ada berbagai keunikan yang terjadi di kota itu. 


Misalnya saja tradisi sains dan eksperimen yang dilakukan anak-anak, lalu belajar berbagai bahasa, dan makan bersama keluarga sebagai tradisi keluarga.


Mary bertemu Paddington


❤️❤️❤️


Misi Penyelamatan Beruang Paddington yang Diculik untuk Diawetkan


Menurut saya, cara keluarga Brown menyelamatkan Paddington juga sangat unik karena penuh dengan trik keren. 


Bayangkan saja, seekor beruang naik ke atas atap melalui terowongan asap untuk menyelamatkan dirinya. Ia pun mencari alat untuk naik ke atap. Dan akhirnya, ia menggunakan mesin pembersih debu untuk merayap sampai ke atap. 


Dulu, Paddington pernah belajar bagaimana cara menggunakan alat itu yang digunakan Mrs Brown untuk membersihkan remahan makanan di meja makannya. 


Nah, ternyata, cara lain yang dipakai Paddington yaitu berkomunikasi dengan anak perempuan Mr. Brown yang tahu bahasa beruang. 


Nicole Kidman jadi tokoh antagonis


Selain itu, Paddington juga menggunakan roti Marmalade untuk kabur dari kejaran Millicent Clyde yang jahat. Karena saat Roti itu dilemparkan ke arah Millicent Clyde, sekawanan burung gagak pun menyerang perempuan itu yang mengakibatkan dirinya jatuh dan bergelantungan di tiang. 


Yang menarik adalah bagaimana cara Mrs. yang ikut terlibat dalam penyelamatan Paddington. Ia juga ikut mengalihkan perhatian penjaga rumah. Yaa, semua demi membuka gerbang dan mengecoh pengawasan CCTV rumah.


❤️❤️❤️


Makna "Rumah" bagi Beruang Peru, si Paddington yang Sopan, Pintar dan Pemberani


Ending film Paddington (2014) ini terbilang manis dan asyik karena akhirnya Paddington menemukan arti rumah yang sesungguhnya. Tempat di mana ia diterima oleh seluruh anggota keluarga Mr. Brown. 


Menurut saya, karakter Paddington yang sopan juga menjadi daya tarik bagi film ini. Berbeda dengan Pooh si beruang madu, Paddington berpakaian rapi selayaknya manusia. Ia memakai topi merah, jas berwarna biru dan membawa koper berisi selai jeruk. Paddington juga selalu memanggil dengan nama Mr. Atau Mrs. untuk sapaan yang sopan. 





Selain itu, cara film Paddington menggambarkan kota London benar-benar unik. Lanskap London terasa sangat indah. Ini membuat saya jadi ingin datang ke London dan mengunjungi tempat yang didatangi Paddington. 


❤️❤️❤️


Kehangatan Kota London yang Ditampilkan dalam Film Paddington (2014)


Kehangatan yang ditampilkan kota London juga tercermin dari bagaimana kehidupan bertetangga yang dilalui keluarga Mr. Brown. Meskipun tetangganya ada yang rese, tapi akhirnya Mr. Kelly berani untuk minta maaf atas perbuatannya dan mau memberitahu ke mana Paddington diculik. 


Yang saya suka adalah bagaimana Inggris menerapkan aturan dan hukuman bagi orang yang melanggar hukum di sana. 


Di ending film ditampilkan bahwa Millicent Clyde harus menjalani hukuman sebagai petugas pelayanan di kebun binatang yang dibangun ayahnya. Ini berbeda dengan hukuman penjara. 


Millicent Clyde justru sangat benci hukuman pelayanan publik ini, mengingat ia sebenarnya tidak suka dengan hewan yang hidup. Ia hanya suka mengawetkan mereka sebagai bentuk protes karena ayahnya dulu melepaskan keanggotaan klub penjelajah hanya demi menolong beruang Peru. Padahal kehilangan keanggotaan klub penjelajah itu berarti kehilangan kepopuleran dan kekayaan yang membuat mereka jatuh miskin. 


❤️❤️❤️


Penggunaan Efek CGI yang Canggih agar Gerak Gerik Paddington Terlihat Nyata


Yang menarik dari film Paddington ini adalah adanya CGI yang canggih untuk memuluskan gerak gerik Paddington. Rasanya seperti melihat beruang itu bergerak secara nyata. Bayangkan gimana rasanya lihat beruang jalan-jalan di kota dan makan selai jeruk bersamamu? Wow, amazing sekali ya! 😍


Saya suka sekali dengan penggambaran seluruh karakter di film Paddington ini. Ditambah lagi, cara Paddington berkirim surat dengan bibi Lucy sungguh manis sekali. Hehe


Overall, rating film Paddington (2014) yaitu 9/10 🌟


Kalau menurutmu gimana? 

Share di kolom komentar yaa. 🥰


Komentar

Postingan Populer