Cara mengatasi anak malas makan sayur

Kenapa anak malas makan sayur?


Sayur merupakan jenis makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat penting bagi kesehatan anak. Sayur juga mengandung banyak nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan anak. Namun, banyak anak yang malas makan sayur. Ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor.


Pertama, anak mungkin tidak suka dengan rasa sayur. Sayur bisa memiliki rasa asam atau masam yang tidak disukai anak. Selain itu, anak juga mungkin tidak suka dengan tekstur sayur. Ini bisa menjadi alasan mengapa anak malas makan sayur.


Kedua, anak mungkin tidak tahu tentang kebaikan sayur. Jika orang tua atau guru tidak mengedukasi anak tentang manfaat sayur, anak tidak akan mendapatkan nutrisi jika makan snack saja. 




Ketiga, masalah penyediaan makanan. Anak-anak seringkali memilih makanan yang lebih gurih dan enak. Oleh karena itu, orang tua harus menyediakan pilihan makanan yang lebih menarik selain sayuran. 

Jika sayur yang disajikan terlalu kering atau terlalu basah, anak-anak pun tidak akan tertarik untuk makan. Karena itu, orang tua harus mempersiapkan sayur dengan menjadikan olahan yang enak dan bervariasi.


Inilah 10 penyebab anak malas makan sayur : 


1. Tidak suka dengan rasa sayur.

2. Rasa yang tidak menarik.

3. Belum terbiasa makan sayur.

4. Terlalu banyak bumbu yang digunakan untuk memasak sayur.

5. Tidak ada variasi makanan saat makan sayur.

6. Tidak tahu cara memasak sayur yang enak.

7. Tidak ada waktu untuk menikmati makan sayur dengan keluarga.

8. Tidak tahu kandungan nutrisi yang ada di sayur.

9. Tidak ada pengawasan orang tua tentang asupan sayur anak.

10. Terlalu banyak snack dan makanan manis di sekitar anak.


Cara mengatasi anak malas makan sayur : 


1. Beri contoh. Jika kamu ingin anakmu makan sayur, berikan contoh makan sayurmu sendiri. Jangan lupa untuk memuji mereka ketika mereka mencoba.


2. Buat sayuran menarik. Coba buat sayuran dengan berbagai bentuk atau warna yang menarik. Gunakan berbagai bumbu atau saus untuk membuatnya lebih lezat.


3. Beri pilihan. Beri anak kamu beberapa pilihan makanan sayur yang mereka sukai dan biarkan mereka memutuskan yang mereka sukai.


4. Beri pujian. Pujilah anakmu saat mereka makan sayur dan berikan mereka hadiah kecil untuk menghargai usaha mereka.


5. Beri komitmen. Beri anakmu komitmen untuk mencoba makanan sayur sekali seminggu atau 3 hari sekali. 

Komentar

Postingan Populer