Saturday, 9 January 2021

Kapan Pasien Covid-19 Sudah Dinyatakan Sembuh?

Apakah pasien yang sudah sembuh dari Covid-19 benar-benar aman untuk berinteraksi dengan orang lain? Bagaimana cara mengetahui hal itu? 


Nah, saya habis baca postingan seorang dokter di twitter. Namanya pak Prof. Zubairi Djoerban dengan akun twitter @ProfesorZubairi


Beliau telah memaparkan tentang fakta pasien Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh, kapan bisa aman untuk beraktivitas lagi. Kamu bisa simak penjelasannya berikut ini ya. 


Negatif Covid-19


🌸🌸🌸


Sepertinya penting mengetahui kapan waktu aman berada di dekat orang yang baru pulih dari Covid-19. Saat ini, banyak beredar berita tentang publik figur yang merilis kesembuhannya dalam waktu cepat. Padahal kita tetap harus mengacu kepada evidence based agar tak sembarangan.


Jadi, kapan waktu aman bagi mereka yang punya riwayat Covid-19 untuk dapat berinteraksi dengan orang lain? Jawabannya ini: mereka tidak demam selama tiga hari, batuk dan sesak napas telah membaik dan sudah melewati minimal 10 hari sejak gejala mereka mulai hilang.


Kemudian, pasien itu harus pulih secara klinis (bebas gejala) dan memiliki dua hasil RT-PCR negatif pada sampel berurutan yang diambil. Setidaknya dengan selang waktu 24 jam. Hal ini harus dipegang betul. Jangan merasa sudah sembuh, lalu ke mana-mana.


Untuk pasien bergejala, perlu waktu 10 hari setelah ada serangan gejala--ditambah sedikitnya 3 hari tambahan tanpa gejala (termasuk tanpa demam dan tanpa gejala pernapasan).


Untuk kasus asimtomatik, perlu waktu 10 hari setelah tes yang menyatakan orang itu positif. Tanggal tes dihitung sebagai hari pertama. Sehingga, isolasi minimum untuk kasus asimtomatik adalah 10 hari dan mereka dapat dirilis (berinteraksi dengan orang) pada hari ke-11.


Sumber :

https://mobile.twitter.com/ProfesorZubairi/status/1347467856208793605



🌸🌸🌸


Mungkin ada yang bingung ya, karena di aturan Kemenkes yang baru ada 2 metode dinyatakan sembuh untuk pasien Covid 19 dengan gejala ringan yaitu :

1. Sudah Tes PCR 2x dengan jarak tes minimal 24 jam 2. Sudah isolasi mandiri selama 14 hari

Di masyarakat banyak yang pakai metode kedua, karena dari Puskesmas pakai yang itu.


Tapi, jika kamu saat ini positif Covid-19 dan sedang melakukan isolasi mandiri, maka makanlah makanan yang bergizi dan istirahat cukup. Minum Multivitamin yang ada Zinc dan vit B kompleks, berjemur pagi hari antara jam 7-9 an minimal 30 menit, perbanyak makan protein, dan jangan stress supaya imunnya meningkat.

Kriteria sembuh covid19


Nah, semoga informasi ini bermanfaaf bagi kita semua ya


No comments:

Post a comment

Silahkan berkomentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. Salam kenal. ^_^