Sinopsis dan Review Film India : Mrs. Chatterjee VS Norway - Perjuangan Ibu Imigran India Melawan Sistem Norwegia

 


❤️Sinopsis Film  India : Mrs. Chatterjee VS Norway ❤️


Film India Mrs. Chatterjee VS Norway dibuka dengan dua orang petugas mengambil dua anak Debika. Debika yang putus asa mengejar kendaraan mereka saat mereka melaju dengan putrinya yang berusia lima bulan, yang dia susui, dan putranya, yang belajar di taman kanak-kanak tetangga dan telah menunjukkan tanda-tanda autisme. 


Aku masih terheran-heran dengan kasus Debika Chatterjee (Rani Mukherjee) yang dipisahkan dari dua anaknya di Norwegia dalam film Mrs. Chatterjee VS Norway ini. Anaknya berusia 5 bulan dan 3 tahun. 


Sebagai imigran asal Kalkuta ke Norwegia, suami Debika ingin mengajukan kewarganegaraan untuk memudahkan pekerjaannya dan mendapatkan fasilitas negara. 


Masalahnya, ada 2 orang dari petugas kesejahteraan anak yang ngecek soal parenting ala Debika. Mereka datang ke rumah selama 12 minggu berturut-turut. Ternyata, Debika dan suami dianggap nggak bisa mengurus anak dengan berbagai alasan yang nggak logis.


Debika Chatterjee dipisahkan dari anaknya karena dianggap tidak bisa mengurus anak, sehingga pemerintah Norwegia mengambil alih hak asuh anak tersebut, dan mengalihkan anaknya ke orang tua asuh. 


Masalahnya, standar parenting ala orang Norwegia beda dengan orang India. Orang India makan pake tangan, tidur satu ranjang dengan anak, bahkan juga memakaikan celak mata. 


Nah... Di Norwegia, hal ini dianggap berbahaya karena nggak mencerminkan standar parenting ala Norwegia yang mengutamakan kesejahteraan anak di atas segalanya. 


Debika mulai putus asa ketika dia menyadari suaminya Anirudh (Bhattacharya) mungkin setengah hati memperjuangkan hukum untuk dipersatukan kembali dengan anak-anak mereka karena dia lebih peduli untuk mendapatkan kewarganegaraan Norwegia. 


Lalu, gimana perjuangan Debika selanjutnya?


Review Film India - Mrs. Chatterjee VS Norway (2023) : 


Mrs. Chatterjee Vs Norway adalah film produksi Zee Studios and Emmay Entertainment yang disutradarai oleh Ashima Chibber. Film India yang sedang tayang di aplikasi Netflix ini adaptasi dari kisah nyata Sagarika Chakraborty, dalam bukunya yang berjudul The Journey of a Mother. 


Kisah mereka berawal ketika pasangan Anurup Bhattacharya dan Sagarika Bhattacharya pindah ke Norwegia tahun 2007. Pasangan ini merupakan pasangan asli India yang pjndah ke Norwegia dan mendapatkan pekerjaan di sana. 


Film berdurasi 144 menit ini menceritakan seorang perempuan India yang anak-anaknya diambil darinya oleh pemerintah Norwegia. 


Sagarika telah menjadi berita utama pada 2012, saat dia berjuang melawan otoritas Norwegia untuk mendapatkan kembali hak asuh atas anak-anaknya. Seluruh masalah itu bahkan menyebabkan pertikaian diplomatik antara India dan Norwegia.


Mrs. Chatterjee Vs Norway adalah film yang berpusat pada perjuangan seorang Ibu berkewarganegaraan India, Debika Chatterjee (Rani Mukerji). Ia harus memperjuangkan hak asuh anak-anaknya sendiri setelah diserahkan ke panti asuhan oleh layanan pengasuhan anak Norwegia. Hal ini terjadi karena ia dianggap tidak layak untuk mengasuh mereka.


Menurut pemerintah Norwegia, anak harus bisa mandiri, artinya ibu dan anak tidak boleh terlalu dekat secara emosional agar anak bisa lebih mudah lepas dari orang tua, dan tidak ketergantungan pada bantuan orang tua dalam setiap aktivitas harian mereka. 


Lalu, orang tua juga harus berperan aktif untuk pendidikan anak, yang artinya orang tua harus memperhatikan setiap detail perkembangan anak. Yaaa, termasuk jika anak berkebutuhan khusus, misal punya penyakit autism yang harus mendapatkan penanganan khusus, yang tentu saja berbeda dibanding anak normal pada umumnya. 


Oiya, laki-laki dan perempuan berkedudukan sama, sehingga suami istri berbagi tugas tumah tangga satu sama lain. Jadi, kalau suami tidak membantu istri maka akan dianggap tidak memperhatikan kebutuhan keluarga, dan dianggap lalai juga.


Kalau dipikir-pikir yaaa, standar parenting Norwegia beda ama India, tapi ya bukan berarti harus menyalahkan standar India tersebut. Karena budayanya kan beda ya. Dan ibu kandunglah yang lebih tahu kebutuhan anaknya 🥺


Wah, udahlah Debika mending pindah ke negara asal aja. Wkwk




Yang lebih menyedihkan adalah bagaimana Debika harus berjuang untuk anak-anaknya di pengadilan Norwegia dan India selama bertahun-tahun. 


Gregetan banget sama suami Debika dan keluarganya yang sangat patriarki. Untung endingnya Debika menangin kasus tersebut. Meski awalnya dia dianggap gila dan ga stabil sebagai seorang ibu. 🥲


Dan ternyata organisasi yang ambil alih anak-anak Debika ini bermasalah, mereka tuh cuma mau uang dari negara aja.


Yeaah... Karena makin banyak anak terlantar yang bisa diambil dan diurus organisasi, mereka bisa dapet uang kompensasi dari negara Norwegia dan bisa dapat uang juga dari orang tua asuhnya. 


Wew, bener-bener menyeramkan sindikat organisasi ini. 😨


Btw, film ini berdasarkan kisah nyata Sagarika Bhattacharya, seorang ibu yang berjuang melawan sistem Norwegia. 😣


Film Mrs Chatterjee vs Norway menjadi reuni antara produser Nikkhil Advani dan Rani Mukerji setelah di film Kal Hoo Naa Ho 18 tahun silam.


Selain Rani Mukerji, beberapa aktor dan aktris yang terlibat dalam film ini seperti Jim Sarbh, Anirban Bhattacharya, Tiina Tauraite, Kristjan Üksküla, Neena Gupta, dan yang lainnya.


Apakah kamu sudah menonton film Mrs. Chatterjee VS Norway ini juga? Film India ini sudah tayang di aplikasi Netflix ya! 


Selamat menonton! ❤️


#MrsChatterjeeVSNorway 

#FilmNetflix

#Netflix

#FilmIndia

#BollywoodMovie 

Komentar

Postingan Populer