Tuesday, 23 July 2019

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Sewa Apartemen Bulanan

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Sewa Apartemen Bulanan

    Pindah ke apartemen bulan di kota besar seperti Jakarta adalah hal yang mengasyikan. Pasalnya apartemen menjadi hunian pilihan pertama kaum urban karena kemodernitasnya. Berbanding terbalik dengan kamar kost yang belum modern dan terlihat kuno. Selain itu apartemen memiliki berbagai fasilitas yang mampu untuk menunjang aktivitas sehari-hari.


    Dulu anggapan tinggal di apartemen adalah orang-orang berada karena harga sewa apartemen terlihat mahal. Namun sebenarnya harga sewa apartemen cukup terjangkau, misal apartemen jenis studio disewakan per bulanan kisaran Rp 1,5 juta hingga Rp 2,5 juta. Sedangkan kamar kost per bulan dibanderol harga Rp 3 juta ke atas. Tak pelik makin banyak orang yang menyewa apartemen bulanan.


    Akan tetapi beberapa hal harus diperhatikan sebelum sewa apartemen bulanan yaitu :
  1. Menetapkan anggaran sewa apartemen
Menetapkan anggaran sewa apartemen adalah hal pertama yang harus kamu perhatikan dalam sewa apartemen. Biaya sewa apartemen jangan sampai melebihi 30 % pendapatan kamu. Jika lebih maka kebutuhan kamu yang lain bisa tidak terpenuhi. Jika anggaran sewa apartemen membengkak, kamu bisa mengakalinya dengan sharing apartemen agar biaya sewa menjadi ringan.
  1. Mengetahui pemilik yang sah dan jelas
kamu harus mencari informasi mengenai apartemen secara jelas. Jika tanpa perantara agen, sebaiknya kamu langsung menghubungi pemilik apartemen dan harus jelas siapa yang memiliki apartemen yang kamu sewa. kamu juga harus tahu siapa pengelola dan perantaranya. Hal ini untuk mencegah kamu dari tindak penipuan yang sekarang marak terjadi. Saat akan melakukan penkamutangan perjanjian sewa, kamu harus memastikan langsung bertemu dengan pemilik yang sesungguhnya alias bertatap muka.
  1. Pencarian apartemen yang terbaik
Pencarian apartemen yang terbaik versi kita adalah hal terpenting lainnya. kamu bisa menggunakan jasa broker namun dikenakan biaya tambahan. Ada kamu juga bisa mencarinya dengan mengumpulkan dan berburu publikasi apartemen. Dengan begitu kamu menjadi tahu harga sewa apartemen di pasaran. kamu bisa melakukan apartemen yang terbaik dengan harga yang terjangkau.
  1. Fasilitas apartemen yang kamu inginkan
Perhatikan pula fasilitas apartmen yang kamu inginkan atau butuhkan. Pasalnya tidak semua fasilitas apartemen bisa kamu nikmati. Ada baiknya, kamu menuliskan di kertas apa saja yang kamu cari di apartemen. Apakah kamu membutuhkan apartemen dengan kolam renang atau tracking? Yang di dalamnya pusat perbelanjaan. Ada tempat bermain anak? Dengan fasilitas parkir full CCTV 24 jam. Tentukan semuanya dan pilihlah apartemen yang memiliki semuanya itu.
  1. Lokasi
Pilihlah apartemen yang dekat dengan pusat kota. Dekat dengan sarana transportasi umum, fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan (rumah sakit,klinik), pusat perbelanjaan. Hal ini dinamakan apartemen dengan lokasi strategis.
  1. Memeriksa keadaan apartemen
Memeriksa keadaan apartemen sangat penting dilakukan sebelum kunci apartemen diserahkan pada kamu. Perhatikan apartemen beserta isi ruangannya. Apakah ada retak atau apa di apartemen. Hal ini agar kamu mgetahui kerusakan dan melaporkannya kepada pemilik apartemen. Nantinya pemilik apartemen akan memperbaikinya. Namun jika kamu tidak melapor, maka dikira kamu yang merusak apartemen tersebut.
  1. Bernegoisasi dengan pemilik apartemen
Jika semua masalah sewa apartamen berjalan lancar, kamu telah menyukainya. Maka kamu harus mencoba bernegoisasi dengan pemilik apartemen. Sapa tahu kamu akan diberikan biaya sewa yang spesial dengan potongan harga tertentu. Atau kamu bisa bernegoisasi dengan pemilik terkait biaya tambahan yang akan kamu keluarkan saat menyewa apartemen.

1 comment:

  1. Wah biaya sewa per bulan ternyata tidak jauh berbeda dengan kost atau kontrakan yah, tetapi fasilitas apartemen jauh lebih bagus

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. Salam kenal. ^_^