Meja Resepsionis, Identitas Perusahaan yang Sering Terabaikan

Meja Resepsionis, Identitas Perusahaan yang Sering Terabaikan

Meja kantor merupakan salah satu komponen furniture yang tidak bisa dihilangkan di dalam kantor. Terdapat berbagai jenis meja kantor salah satunya adalah meja resepsionis. Meja kantor ini tergolong unik karena memiliki bentuk yang berbeda dengan meja kantor pada umumnya. Lalu apa fungsi dari meja resepsionis dan mengapa meja resepsionis dapat dikatakan sebagai identitas sebuah perusahaan? Artikel berikut akan mengulasnya untukmu.


meja resepsionis (doc : pinterest.com)

Secara kegunaan, meja resepsionis berfungsi sebagai tempat menerima informasi yang berhubungan dengan tamu. Letak meja resepsionis biasanya berada di ruangan pintu masuk kantor atau berada di ruang tunggu (lobby) perusahaan. Secara tidak langsung, dapat dikatakan bahwa meja resepsionis merupakan wajah dari perusahaan karena merupakan tampilan pertama yang dilihat oleh orang luar terhadap perusahaan sehingga tak heran perusahaan rela memoles habis bagian ruang resepsionis agar terlihat bagus dan mencerminkan budaya perusahaan tersebut.

Akan tetapi, banyak perusahaan yang membuat ruangan lobby mereka khususnya meja resepsionis tidak sesuai dengan identitas dan budaya perusahaan. Sebagai contoh, perusahaan yang menggunakan konsep industrial pada gedung kantornya justru membuat ruang resepsionis dengan gaya yang klasik atau elegan. Hal tersebut akan terlihat kontras dan justru akan membuat kredibilitas perusahaan tersebut dipertanyakan karena ketidak sesuaian desain interior yang digunakan. 

Contoh berikutnya, semisal perusahaan menggunakan warna biru dalam logo dan setiap ruangan yang dimiliki, lalu kemudian menggunakan warna merah untuk ruangan resepsionisnya. Hal tersebut memang sah-sah saja dilakukan akan tetapi, akan mengurangi nilai estetika atau bahkan akan membuat orang bertanya-tanya akan kemampuan perusahaan dalam meyakinkan kliennya. 

Selain itu, seringkali perusahaan tidak memasukkan ornamen-ornamen yang dapat menyegarkan mata seperti hiasan dinding atau vas bunga sebagai pemanis ruangan. Meskipun sepele, namun menata ruang dan meja resepsionis sebaik mungkin akan meningkatkan kepercayaan orang luar terhadap perusahaan tersebut.



Itu tadi penjelasan mengapa meja dan ruang resepsionis sangat vital bagi sebuah perusahaan. Apakah kamu sudah menerapkannya di kantor Anda?

Komentar

Postingan Populer