Langsung ke konten utama

3 Langkah Dokter Melakukan Diagnosis untuk Masalah Alergi Anak

3 Langkah Dokter Melakukan Diagnosis untuk Masalah Alergi Anak

Ada sekian hal yang perlu dipahami untuk mengetahui masalah alergi anak dengan baik sehingga melakukan upaya terbaik untuk menanganinya. Gejala yang ditunjukkan tatkala alergi terjadi memang tidak selalu positif merupakan alergi. Bisa pula masalah kesehatan lain yang membawa gejala hampir mirip atau memang sama dengan gejala saat alergi terjadi. Memberikan pengobatan secara asal tentunya akan meningkatkan resiko buruk, dan lebih bijak membawa anak ke dokter untuk diperiksa lebih dalam.

Langkah Dokter Melakukan Diagnosis Alergi


Diagnosis dari dokter tentu lebih akurat dibanding kita menerka sendiri apakah si kecil mengalami alergi atau justru sebaliknya. Pihak medis akan paham betul bagaimana kita mengecek anak memiliki alergi atau tidak supaya lebih mudah memberikan pengobatan. Pasalnya jika belum diketahui penyakit yang diderita anak jenis apa maka dokter pun belum berani memberi obat. Namun hanya memberi multivitamin, pereda nyeri, dan lain sebagainya yang tentunya sifat obat ini hanya untuk meringankan.



Tentu tidak ada salahnya mengetahui pemeriksaan apa saja yang akan dilakukan tim dokter supaya orangtua bisa membantu dokter menentukan tes yang tepat. Bisa disesuaikan dengan biaya yang tersedia, kondisi tubuh anak, usia anak, dan lain-lain. Adapun langkah diagnosis tersebut antara lain:

  1. Melakukan diet eliminasi, yakni menghilangkan makanan yang dianggap sebagai allergen sekitar satu minggu dan mengamati reaksi tubuh anak.
  2. Melakukan tes kulit, yakni dengan menggores kulit lalui ditetesi makanan yang dianggap allergen untuk mengecek adanya alergi.
  3. Melakukan tes RAST, yakni uji coba dengan mengambil sampel darah yang ditetesi makanan allergen untuk mengamati terbentuk antibody atau tidak.
Beberapa tes bisa saja dilakukan bergantian, sebab tes tertentu hanya sangat cocok untuk jenis alergi tertentu saja. Misalnya untuk tes kulit, biasanya sangat valid untuk alergi udara namun untuk alergi jenis lainnya kurang tepat sebab hasilnya sulit diketahui. Tes ini penting untuk mengetahui alergi yang dimiliki oleh buah hati sehingga tidak mengambil tindakan keliru. Paham betul masalah dalam mengenal alergi anak yang bersangkutan dengan tes ini akan lebih bermanfaat dan menguntungkan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Review Film Remaja Indonesia] Rompis : Sebuah Roman Picisan

  Review Film Rompis : Sebuah Roman Picisan   Tayang perdana tahun 2018 Durasi film : 1 jam 39 menit Pemain film : Arbani Yasiz, Adinda Azani, Umay Shahab, Cut Beby Tshabina Sutradara : Monty Tiwa Rating : 8/10 bintang  Nonton di Netflix

Sebuah Kado Istimewa Untuk Orang Spesial

Mengenal teman dari berbagai kalangan seringkali membuat saya harus mulai memahami mereka sebagai sebuah individu yang utuh. Bukan hanya sebuah nama tapi juga kepribadian. Ada yang sangat halus perasaannya hingga mudah menangis bahkan meski tak menonton film romantis melankolis. Ada yang sangat keras dengan prinsip hingga membuat orang yang berada di dekatnya harus mengerti saat ia mulai mengeluarkan statement tertentu. Ada yang sangat antipati dengan konflik hingga menganggap hingar bingar tak cocok baginya. Ada pula yang sangat lucu jika berceloteh hingga membuat teman di sekitarnya bisa tertawa hanya dengan mendengar ceritanya. Banyak karakter dengan spesifikasi yang berbeda membuat saya mengerti manusia diciptakan tak hanya 4 jenis saja, bahkan ada yang gabungan sifat dari melankolis koleris maupun sanguin plegmatis.

Sajak Gusmus Tentang Cinta

Sajak Cinta - Gus Mus (KH. Musthofa Bisri) cintaku kepadamu belum pernah ada contohnya.. cinta romeo kepada juliet,si majnun qais kepada laila belum apa apa... temu pisah kita lebih bermakna dibandingkan temu-pisah Yusuf dan Zulaikha... rindu-dendam kita melebihi rindu-dendam Adam dan Hawa