Friday, 22 May 2020

Takjil : Makanan dan Minuman Buka Puasa khas Ramadhan di Indonesia


Selama bulan suci Ramadhan, umat Islam berpuasa selama satu bulan penuh. Setiap hari dari subuh hingga senja, mereka tidak makan makanan apa pun, minum-minuman apa pun, merokok, atau melakukan aktivitas yang membatalkan puasa. Selama bulan ini juga mereka diharapkan untuk menghindari pikiran yang buruk dan perilaku buruk.  Ketika tiba saatnya berbuka puasa, saat mendengar panggilan untuk shalat Maghrib, umat Islam mungkin mulai minum atau makan.




Di Indonesia ini disebut "Buka Puasa" atau Pembukaan Puasa, yang dikenal sebagai Iftar. Biasanya orang pertama-tama akan mengambil minuman panas atau dingin dan makan makanan ringan manis untuk memungkinkan perut perlahan menyesuaikan diri dengan makanan lagi setelah berpuasa lebih dari 12 jam, dan mengambil minuman manis untuk memasok energi.

Setelah santapan ringan pertama ini, mereka akan pergi solat magrib. Setelah shalat magrib barulah biasanya orang-orang menyantap makanan utama mereka.  Jangan lupa untuk terus memantau jadwal puasa 2020 di kota kalian.


Takjil Favorit : Makanan dan Minuman Buka Puasa khas Ramadhan di Indonesia


1. Kolak makanan yang dapat ditemukan hampir di mana-mana


Kolak adalah hidangan pembuka yang sangat populer selama Ramadhan karena rasanya yang super manis, dan sangat dianjurkan untuk meningkatkan kadar gula darah setelah puasa berjam-jam. Ini adalah minuman santan, dicampur dengan gula aren, vanila, daun pandan, dan diisi dengan irisan pisang, ubi dan labu pilihan. Selama bulan puasa, kamu dapat menemukan Kolak di sebagian besar toko makanan tradisional di Indonesia. Biasanya juga disajikan secara gratis di restoran selama bulan Ramadhan.


2. Kurma, makanan yang dapat ditemukan hampir di mana saja

Kurma sangat mudah ditemukan di sebagian besar supermarket atau pasar tradisional di seluruh negeri selama bulan Ramadhan. Ini dianggap sebagai makanan terbaik untuk berbuka puasa, karena rasanya sangat manis dan bergizi. Kurma diketahui memberikan manfaat bagi kesehatan, antara lain untuk mengatasi anemia, menjaga gigi dan tulang tetap kuat, mencegah stroke, serta mencegah penyakit jantung koroner.


3.  Es Pisang Ijo, makanan khas Makassar, Sulawesi Selatan

Salah satu dari banyak minuman spesial Ramadhan adalah yang ini dari Makassar di Sulawesi Selatan. Pisang Ijo. secara harfiah berarti pisang hijau, dibuat dari pisang yang dibungkus adonan tepung, yang telah diwarnai hijau. Disajikan dengan santan, sirup cocopandan dan es serut untuk membuat minuman ini semakin menyegarkan.

Kamu  juga dapat menemukannya dengan mudah di sepanjang Pantai Losari di Makassar. Di Bandung , Jawa Barat, kamu bisa mendapatkan Es Pisang Ijo yang terkenal di Jl. Ternate dan Jl. Dipati Ukur. Sementara di Jakarta dijual di Jl Pemuda, di Jakarta.


4. Kicak makanan khas Kauman, Yogyakarta

Kicak adalah salah satu makanan paling khas yang hanya dapat kamu temukan selama bulan Ramadhan dan unik di Yogyakarta. Itu terbuat dari beras ketan tumbuk, dicampur dengan kelapa parut dan irisan nangka sebagai pelengkap. Rasa manis dan aroma nangka akan membangkitkan seleramu, terutama saat dibungkus dengan daun pisang. Kamu dapat menemukan makanan ringan ini di Kauman, Yogyakarta, tempat asalnya.

5. Es Timun Suri minuman khas Cirebon, Jawa Barat


Es Timun Suri adalah minuman Ramadhan yang fenomenal karena kebanyakan orang keliru berpikir bahwa buah hanya tumbuh selama bulan Ramadhan. Itu tidak sepenuhnya benar, karena buah timun suri sebenarnya dapat tumbuh setiap saat sepanjang tahun, tetapi petani biasanya mulai menanam sebelum Ramadhan untuk memenuhi permintaan tahunan. Timun Suri berbentuk seperti melon dan mengandung banyak air. Biasanya disajikan dengan sirup cocopandan atau madu.
Di beberapa bagian negara, orang mencampur timus suri dengan sirup gula aren atau susu kental, kemudian tuangkan sedikit jus jeruk nipis untuk rasa segar yang asam. Meskipun berasal dari Cirebon di Jawa Barat, hari ini kamu dapat menemukan buah ini dijual di jalan-jalan.

No comments:

Post a comment

Silahkan berkomentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. Salam kenal. ^_^