Thursday, 29 September 2016

Destinasi Impian : Kawah Ijen Banyuwangi

Beberapa waktu lalu, Vera -seorang sahabat blogger asli Bojonegoro- nanya ke saya, “Mba Ila bisa jemput nggak kalau aku ke Tegal?” Nah, saya bingung dalam rangka apa Vey ke Tegal ya? Soalnya udah lama kami nggak ketemuan sejak event Asean Blogger di Solo 2013 yang lalu. Eh ternyata ada promo kereta api dalam rangka ultah PT KAI. Jadi tiketnya bisa dibayar dengan harga yang murah banget, 28 rb aja. Bayangin deh ke luar kota dengan jarak tempuh beratus-ratus kilometer dari Bojonegoro ke Tegal bisa dapet harga tiket yang murah banget gitu. Siapa yang nggak mau coba? Hehe.

Ternyata bukan Vey aja yang penasaran dengan tiket murah ini, saya pun juga. Lalu saya searching tiket ke beberapa kota tujuan seperti Surabaya, Solo, Bandung, Semarang, Cirebon, dan Pekalongan. Jogja nggak masuk soalnya nggak ada kereta langsung dari Tegal ke kota Jogja. Saya yang udah ngarep dapet tiket murah eh, nggak nemu juga. Ada sih yang areanya masih sekitaran Tegal kayak di Cirebon, Pekalongan dan Semarang. Tiketnya masih available.

Lalu saya mulai nyari kota lainnya yang kira-kira bisa dijelajahi jika ada tiket murah seperti itu lagi. Sayangnya tiket kereta api yang ditawarkan hanya sampai tanggal 28 September ini. Eh ternyata Banyuwangi masuk jalur kereta api juga ya. Masih bisa dilewati pakai kereta api. Dulu seingat saya ada dua teman yang ada di Banyuwangi. Dave dan mba Afin Yulia. Tapi Dave udah lama stay di Surabaya. Jadi kalau ke Banyuwangi mau ke mana ya?

Saya yang udah lama nggak liburan sejak April lalu pun akhirnya mulai mencari tahu destinasi wisata di Banyuwangi. Sekadar memupus rasa penasaran saya dengan kota ini. Kota kecil ini yang saya tahu adalah kota yang nggak gitu banyak dikenal oleh orang kecuali karena alas roban dan kawah ijennya. Tapi  waktu saya pulang dari Bromo bulan April lalu, si mas tour guide dari agensi travel bilang kalau mereka juga membuka paket tour ke kawah ijen. Seru kayaknya ya kalau ke sana. Hanya saja saya harus memastikan masa liburan saya cukup banyak terutama berhubungan dengan partner liburan saya yaitu si adek. Dia lagi persiapan ujian skripsi jadi belum bisa diganggu. Wehehe.

kawah ijen (doc : www.banyuwangibagus.com)
Saya sempet nanya sama dia, mau nggak kalau diajakin liburan. Eh dia mau, tapi kita masih bingung nyari liburan yang oke di mana. Kayaknya Banyuwangi bisa jadi destinasi wisata berikutnya. Wisata alam yang asri dan menarik buat dikunjungi dan terlebih lagi di sana ada keindahan yang tak tergantikan oleh apapun. Wisata alam yang mungkin nggak akan bisa saya temukan kalau ke daerah lainnya yaitu kawah ijen.

kawah ijen yang indah (doc : www.banyuwangibagus.com)

Kawah Ijen ini masuk ke dalam daerah kabupaten Banyuwangi. Agak jauh dari kotanya, jadi memang lebih baik pakai agensi tour. Lebih enak buat pergi-pergi. Waktu nanya ke masnya di sana katanya sih disediakan penginapan. Hanya saja, saya nggak tahu apakah penginapannya worth it buat ditinggali. Mengingat Banyuwangi itu dingin, sepertinya menyenangkan kalau bisa menemukan penginapan dengan harga yang hemat dan nyaman ditempati selama berlibur. Ya, siapa tahu dapet bonus view yang keren dari hotel ke arah pegunungan. Nah, saya pun nyari tahu harganya via Traveloka. Ada 60-an hotel di Banyuwangi dengan penawaran terbaik. Mau tahu hotelnya apa aja? Klik sekarang ya!

Kalau kamu, apa destinasi wisata impianmu tahun ini? Siapa tahu destinasi liburanmu akan bisa kamu kunjungi menjelang akhir tahun ini. Yang penting prepare aja dulu. Urusan cuti-cuti belakangan. Wekeke.. ;)

5 comments:

  1. Wahh mbaaa, kalo naik naik ajakin dong sekalian mau tau jugaaa destinasi nyaaa :'( mampir jugaaa dongg ke bloggg akuuuu tu-ru.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. I've been there mba, kawah ijen emg keren apalagi klo sempat melihat blue fire nya

    ReplyDelete
  3. Njelehi banget KAI. Pas aku di Jakarta dan sering naik kereta ke Brebes kok ya nggak ada promo. Pas udah jarang naik kereta malah banyak promo -_- *curhat

    Btw, ke Kawah Ijen itu mesti ndaki dong ya?

    ReplyDelete
  4. Iya banyuwangi duingiiin ya mbak
    Butuh persiapan bagus soal jaket menjaketi badan ☺

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. Salam kenal. ^_^